logo blog
Advertise 728x90

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Tifus

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Tifus

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Tifus

Typhus abdominalis atau tifus adalah salah satu penyakit peradangan pada usus. Penyakit tifus ini sangat mudah menular, termasuk salah satu bentuk salmonellosis, yaitu infeksi oleh bakteri salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan fungsi usus besar menjadi tidak bekerja secara optimal, sehingga menimbulkan suhu badan meningkat.

Penyebab seseorang bisa mengalami penyakit tifus dikarenakan bakteri Salmonella typhosa yang menular melewat makanan dan minuman, tinja dan air seni yang dibawa oleh lalat. Ketika makanan yang dihinggapi lalat termakan oleh manusia dan masuk ke dalam jaringan tubuh, maka penyakit tifus pun akan segera menjangkiti manusia tersebut.

Gejala yang timbul saat seseorang mengalami tifus adalah nafsu makan menjadi berkurang, terasa sakit pada bagian perut bagian bawah, mual, muntah-muntah, lidah berubah menjadi berwarna abu-abu, suhu badan tidak sejajar dengan denyut nadi, demam, sering mengingau dan buang air besar (BAB) tidak teratur.

Selain pengertian, penyebab dan gejala tifus, ada juga cara-cara untuk menyembuhkan tifus. Berikut dibawah ini simaklah denga baik cara-cara untuk menyembuhkan tifus dengan menggunakan obat herbal.

01. Daun Sambiloto

Caranya ialah sediakan 7 lembar daun sambiloto yang masih segar dan 7 lembar daun sendok yang masih segar. Lalu rebuskan semua bahan dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 2 gelas saja. Kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

02. Daun Sirih

Caranya ialah sediakan 3 lembar daun sirih yang masih segar, bidara upas sebesar 1 jari, daun pegagan yang masih segar sebanyak 20 - 30 lembar dan gula batu secukupnya. Lalu tumbukkan semua bahan hingga halus, kemudian rebuskan semua bahan dengan 1 gelas air selama 15 menit, tambahkan dengan sedikit gula batu. Setelah ramuannya dingin, disaringkan dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

03. Kacang Hijau

Caranya yaitu sediakan 60 gr kacang hijau, 60 gr biji jali dan gula aren secukupnya. Lalu rendamkan biji jali dan kacang hijau sekitar 1 jam. Kemudian rebuskan dengan air secukupnya hingga menjadi bubur dan tambahkan dengan gula aren. Setelah itu, makan bubur tersebut sebanyak 2 - 3 kali sehari.

04. Umbi Bidara

Caranya yaitu sediakan 100 gr umbi bidara upas, 100 gr labu air dan 60 gr krokot hijau yang masih segar. Lalu cucikan semua bahan hingga bersih, kemudian tambahkan dengan 100 cc air dan diblenderkan. Setelah itu, blenderan ramuan tersebut disaringkan dan diminum air ramuan tersebut sebanyak 2 - 3 kali sehari.

Nah, itulah pengertian, penyebab, gejala tifus serta cara-cara untuk menyembuhkan tifus dengan menggunakan obat herbal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Bagikan Artikel ini:

Previous
This Is The Oldest Page

JAC Animation adalah membahas berita kesehatan dan dunia kecantikan, beri pendapat Anda tentang artikel ini, terima kasih.

Copyright © 2015. JAC Animation - All Rights Reserved