logo blog
Advertise 728x90

Pengertian dan Cara Pengobatan Radang Paru-Paru

Pengertian dan Cara Pengobatan Radang Paru-Paru

Pengertian dan Cara Pengobatan Radang Paru-Paru

Pneumonia atau radang paru-paru merupakan salah satu penyakit yang bisa menjangkit pada musim hujan. Pada kondisi ini, kantong-kantong udara di paru-paru terisi oleh nanah dan cairan. Akibatnya, oksigen dari paru-paru sulit mencapai darah, sehingga ketika oksigen yang mengandung darah jumlahnya berkurang maka sel-sel tubuh tidak akan bekerja secara optimal.

Penyakit ini akan menyerang terutama pada usia lanjut, orang yang terlalu gemuk, wanita hamil, orang yang gemar minum alkohol, perokok, kekurangan nutrisi, penderita penyakit jantung, serta penyakit kronis menahun.

Penyebab terjadinya radang paru-paru dikarenakan udara lembab, terlalu banyak minum alkohol, kondisi tubuh yang semakin menua, badan kurang bergerak dan jarang terkena sinar matahari.

Gejala yang timbul jika seseorang mengalami radang paru-paru antara lain adalah badan terasa dingin, denyut jantung menjadi lemah, napas pendek dan cepat serta nyeri pada dada, dada bagian kanan dan kiri terasa sakit, sakit kepala, anggota badan terasa sakit dan batuk yang mula-mula kering dan sakit tetapi kemudian menghasilkan dahak tebal yang bercampur dengan darah.

01. Buah Pir

Bahan: Sediakan 1 buah pir, 15 gr jahe, 30 gr daun lidah buaya  yang telah dikupas kulitnya dan madu murni secukupnya.
Cara mengolah: Rebuskan semua bahan dengan 4 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 2 gelas, kemudian saring dan tambahkan dengan madu secukupnya dan adukkan sampai rata.
Cara pemakaian: Minum ramuan tersebut selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

02. Kapulaga

Bahan: Sediakan 7 biji kapulaga, 3 batang sereh, 7 biji cengkeh, 2 ruas jahe merah, 1 batang kayu manis dan 1 sdt bubuk kayu secang.
Cara mengolah: Cucikan jahe merah dan sereh sampai bersih dan memarkan, lalu rebuskan ke dalam 6 gelas air. Setelah agak mendidih, biji cengkih, biji kapulaga, kayu manis dan bubuk kayu secang dimasukkan ke dalam air rebusan. Biarkan terus mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 3 gelas saja. Setelah ramuanya dingin, saringkan air ramuannya.
Cara pemakaian: Minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas. Sebelum diminum Anda juga bisa tambahkan dengan 1 sdm madu murni.

03. Daun Pegagan

Bahan: Sediakan 15 gr daun pegagan yang masih segar, 15 gr daun sambiloto yang masih kering dan 30 gr rumput mutiara atau rumput lidah ular kering.
Cara mengolah: Cucikan semua bahan sampai bersih, lalu rebuskan semua bahan dengan 4 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 2 gelas saja, Kemudian saring air rebusan ramuan tersebut.
Cara pemakaian: Setelah itu, minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

04. Bunga Waru Landak

Bahan: Sediakan 30 gr bunga waru landak, 30 gr tumbuhan cakar ayam yang masih kering dan 15 gr kulit jeruk mandarin kering.
Cara mengolah: Cucikan semua bahan sampai bersih, lalu rebuskan dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas, kemudian saring air rebusan ramuan tersebut.
Cara pemakaian: Setelah itu, minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

05. Jamur Putih Kering

Bahan: Sediakan 15 gr jamur putih kering, 15 gr akar jali kering, 30 gr biji jali, 15 gr umbi bung lili kering dan gula batu secukupnya.
Cara mengolah: Rendamkan terlebih dahulu biji jali dan jamur putih kering, lalu cucikan semua bahan hingga bersih, kemudian rebuskan dengan 4 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 1,5 gelas.
Cara pemakaian: Minum ramuan tersebut 2 kali sehari, serta makan biji jali dan jamur putihnya.

Nah, itulah pengertian dari radang paru-paru serta cara pengobatannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Blog Kesehatan : http://www.beautysiana.com

Bagikan Artikel ini:

Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »

JAC Animation adalah membahas berita kesehatan dan dunia kecantikan, beri pendapat Anda tentang artikel ini, terima kasih.

Copyright © 2015. JAC Animation - All Rights Reserved